Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sepenting apakah peran bakteri bagi tubuh kita? (BAGIAN I)

Sebagai seorang praktisi yang pernah melakukan proses fermentasi, tidak ada salahnya kita membahas mengenai probiotikyang memang menjadi suatu bagian dari proses fermentasi. Karena menurut saya hal ini lumayan penting untuk kita uraikan supaya lebih menambah wawasan dan membuka pemahaman baru bagi temen-temen semua.



Sebenarnya probiotik sendiri memiliki arti: mikro-organisme hidup dan jamur yang dapat memberikan efek baik atau kesehatan pada organisme lain/inangnya. Biasa kita sebut dengan microba atau microbakteri, dan sebenarnya manusia sendiri mengawali hidup dengan microba yang ada didalam rahim seorang ibu. Terdapat ribuan jenis microba yang menjaga dan melindungi kita didalam rahim ibu. Bayangkan ada ribuan jenis microba dan tentunya tidak hanya terdapat 1 buah dalam 1 jenis microba itu sendiri tetapi banyak.

Saat baru dilahirkan ke dunia, bayi menelan bakteri-bakeri yang ada pada tubuh ibu agar tubuhnya mampu beradaptasi dengan bakteri yang ada di bumi.Kemudian seiring berselangnya waktu, kita memakai bedak, obat-obatan, sabun, dan bahan kimia sintets lainya akan secara perlahan mengurangi bakteri-bakteri baik yang kita bawa sejak lahir bekal dari yang maha kuasa

Terlebih akhir-akhir ini, tentunya kita sering memakai disenfectan kimia sintetis yang turut mematikan bakteri yang ada di tubuh kita tak peduli apakah itu dari golongan bakteri baik maupun jahat.

Semua dibantai habis


Dan akibatnya kita akan rentan jika terkena bakteri jahat atau virus karena tubuh kita yang terlalu steril. Virus berbeda dengan bakteri, menurut literatur yang selama ini saya baca bahan alkohol dan bahan disenfectan hanya bisa membunuh bakteri dan kuman sedangkan virus hanya mampu diatasi oleh imunitas tubuh kita sendiri

Seperti misalnya saat kita terserang virus flu, sebenarnya yang mampu mengatasi hanyalah imunitas dengan pasukan antibodinya. Dan demam adalah suatu tanda yang baik bahwa tubuh dalam proses melawan virus yang menyerang. Biasanya demam berlangsung selama tiga hari, kemudian virus bisa dimusnahkan. oleh karena itu seperti saat sekarang ini kita dituntut untu menjaga daya tahan tubuh melalui makanan, olahraga dan pola hidup yang sehat agar imunitas tubuh kita tetap terjaga.

Sekarang ini virus juga bermutasi, bisa berdiam selama 14 hari dalam tubuh manusia. Menunggu imunitas tubuh kita melemah.

Virus tidak bisa diselesaikan dengan antibiotik. Antibiotik hanya untuk bakteri, dan tentu semua bakteri tidak peduli baik atau jahat akan dihilangkan. Jika selama hidup kita banyak mengkonsumsi antibiotik, maka sebanyak itu pula bakteri-bakteri baik kita ikut musnah.


Hal ini juga diperburuk oleh makanan yang kita konsumsi telah banyak yang terkontaminasi pestisida sintetik, tidak hanya itu pemupukan dengan bahan-bahan sitetik juga sangat masif terjadi dan dilakukan oleh petani-petani kita. Sehingga peran bakteri sebagai penjaga dan penyeimbang tidak lagi maksimal, yang mengakibatkan unsur-unsur penting termasuk juga bakteri baik tidak sebagus makanan pada puluhan tahun yang lalu, bahkan saya pernah membaca juga makan apel sekarang ini unsurnya sudah berkurang banyak, jika jaman dulu 1 apel sudah bisa memenuhi vitamin, mineral dan unsur penting lainya. Sekarang dibutuhkan 16 apel baru bisa sebanding denag 1 apel jaman dahulu

Bersambung...

 

 

 

 

 

 

2 komentar untuk "Sepenting apakah peran bakteri bagi tubuh kita? (BAGIAN I)"

  1. Salam GO ORGANIK , Kembali ke metode pertanian & peternakan warisan nenek moyang untuk kehidupan generasi penerus🇮🇩🙏🙏

    BalasHapus