Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah aman penggunaan pakan fermentasi untuk kambing bunting?


Seiring masih saja ada pertanyaan klise yang muncul ke permukaan,
 "Aman nggak pakan fermentasi untuk ternak betina bunting?".

Ingat, ternak ruminansia, terutama setelah lepas susu, sudah disapih, kebutuhan nutrisinya dicukupi dari hasil fermentasi pakan di dalam saluran pencernaannya. Seumur hidupnya. Baik jantan mau pun betina. Baik yang tua mau pun yang masih muda. Baik yang sedang bunting mau pun yang tidak bunting. Baik ternak ruminansia yang dipelihara secara ekstensif (liar) seperti di Australia dan New Zealand mau pun yang dipelihara intensif dengan di kandangkan.
Jadi, tidak ada masalah dengan diberi pakan hasil silase atau fermentasi. Akan timbul masalah bila teknik fermentasi tidak tepat dan pakai probiotika yang tidak sinkron dengan probiotika alami yang ada di dalam saluran pencernaannya. Maka dari itu tekhnik pengalihan pakan dari sistem manual ke pakan fermentasi juga perlu diperhatikan. Harus diadaptasi dulu, misal untuk 1 minggu pertama di latih pakan lama 75% untuk fermentasinya 25%
minggu kedua pakan lama 50% untuk fermentasinya 50% berikutnya minggu ke tiga pakan lama 25% untuk fermentasinya 75% baru diminggu ke empat 100% pakan fermentasi.
Selain adaptasi kesukaan pakan ternak Hal ini juga berkaitan dengan adaptasi antara mikroba pakan dengan mikroba yang ada dalam saluran cerna.

Terkait dengan pertanyaan apakah pakan fermentasi cukup untuk penggemukan dan breeding?
Kalau menurut pengamatan saya dilapangan selama nutrisinya lengkap dan sesuai standart misal kandunganya seperti complete feed maka cukup-cukup saja, tetapi jika pakannya tidak bisa memenuhi maka kambing/domba pasti akan kurus.
Makanya jika kita menyajikan pakan sebaiknya dari berbagai jenis tanaman bukan satu jenis saja, harus ada kandungan serat,karbohidrat maupun protein. Hal itu yang minimal terpenuhi.
Sekian semoga tidak ada yang bertanya lagi apakah pakan fermentasi aman untuk kambing bunting!
Jangan lupa langganan artikel dari kami ya
agar tidak ketinggalan informasi

5 komentar untuk "Apakah aman penggunaan pakan fermentasi untuk kambing bunting?"

  1. Berarti aman ya, sy blom punya ternak, masih blajar2 dulu, mudah2an bs k beli

    BalasHapus
  2. Selama ini kami aman2 saja pak

    BalasHapus
  3. Terimakasih informasinya mas. Baru belajar beternak. Pas babone lahiran

    BalasHapus
  4. Mantap, terimakasih ilmunya mas... Saya jg full fermentasi. Tp belum ke yang hamil/menyusui. Belum ada soalnya yang hamil/menyusui 😂

    BalasHapus