Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara ampuh obati gudik atau scabies pada ternak! 2 hari sembuh

Penyakit ini jika dibiarkan akan membuat ternak salah satunya kambing mengalami gatal-gatal di tubuhnya
Akibatnya kambing akan sibuk menggaruk dan susah makan, jika dibiarkan bisa juga menyebabkan kematian pada hewan ternak minimal akan menjadi kurus kering.

Scabies (kudis) disebabkan oleh tungau terkecil dari Ordo Acarina yaitu Sarcoptes scabbiei var. canis. Tungau yang berbentuk hampir bulat dengan 8 kaki pendek, pipih, berukuran 300-600 µ x 250-400 µ pada betina dan 200-240 µ x 150-200 µ pada jantan, biasanya hidup di lapisan kulit epidermis. Sarcoptes merupakan tungau penggali superfisial dan bersifat zoonosis. Scabies sering terjadi pada anjing dan ternak (sapi, kambing, domba, babi, kuda, kelinci), spesies hewan lain seperti serigala, wombat, dan manusia. Penularan Scabies pada kucing jarang terjadi karena lebih sering disebabkan oleh tungau Notoedres cati.
sebagai seorang peternak kambing saya sudah beberapakali mengalami masalah ini. masalahnya jika kambing sudah laku dijual dan dititipkan dulu dikandang yang semula baik-baik saja dan sehat setelah beberapa hari terserang scabies maka pasti kita tidak enak sama pembeli, hal ini dikarenakan jika telat penanganan maka kambing akan kurus dan juga bulu akan belang karena rontok.

Namun jangan kawatir dengan masalah ini, banyak yang sudah sharing dengan berbagai pengalaman oleh para peternak salah satunya ada yang menangani dengan cara di olesi oli bekas, ada yang menggunakan minyak daun gamal untuk versi herbalnya
ada juga yang melakukan injeksi dengan memanggil dokter hewan.

jika temen-temen bertanya cara apa yang sering saya lakukan?
Saya lebih sering menggunakan cara injeksi atau dengan penyuntikan tetapi tidak menggunakan jasa dokter hewan.
saya menyarankan agar temen-temen belajar juga menyuntik hewan sendiri, agar lebih hemat karena hanya tinggal beli obatnya beserta alat injeksi. Ongkos jasa dokter tidak usah.
Untuk nama obatnya sendiri adalah wormectin, ini yang sering saya pakai karena harganya cukup terjangkau, banyak dijual ditoko ternak Dan juga cukup ampuh untuk mengobati scabies ini.
biasanya setelah penyuntikan selang 2 Hari sudah sembuh, tinggal menunggu pertumbuhan bulu jika memang terkenanya dibagian badan. maka dari itu kita sebagai peternak wajib cek kesehatan kambing secara berkala agar tidak kecolongan, kalau sakitnya masih sedikit langsung kita tangani itu akan lebih baik dibandingkan jika sakitnya sudah parah.

jika bingung dengan cara menyuntiknya silahkan buka YouTube jadi ga usah bingung, khusus untuk wormectin ini penyuntikanya dibawah kulit atau area subcutan biasanya saya menyuntiknya di leher.

Tidak hanya sebagai pengobat scabies, wormectin ini juga mampu mengobati cacingan.
Sekian artikel dari saya semoga bermanfaat bagi sobat peternak
jangan lupa ikuti artikel kami agar tidak ketinggalan informasi

1 komentar untuk "Cara ampuh obati gudik atau scabies pada ternak! 2 hari sembuh"

  1. Mas tolong bikin artikel tentang obat-obatan untuk kambing,, khususnya yg injeksi,, Jadi bisa nyetok obat dikandang, kalo sewaktu-waktu kmbing kena penyakit bisa langsung diatasi ,,,

    BalasHapus