Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rumput odot! sangat disukai kambing dan cepat tumbuh

Di peternakan kami kandang tentrem lestari, rumput ini merupakan makanan harian bagi kambing maupun domba yang kami pelihara
karena memang sejak 2 tahun lalu salah satu area kebun yang semula adalah lahan kelapa, sekarang kami jadikan perkebunan untuk di tanami odot yang kami tumpang dari dengan indigofera

Pengembangan budidaya peternakan baik itu ruminansia besar maupun ruminansia kecil sangat tergantung ketersediaan hijauan. Meskipun dewasa ini banyak dijual pakan jenis konsentrat untuk sapi, kambing, domba dan juga kelinci, tetapi untuk pakan alami ternak haruslah tetap tersedia. Pakan alami ternak yang berupa hijauan makanan ternak harus selalu tersedia sepanjang musim, tentu saja karena ternak kita juga makan tidak melihat musim. Salah satu hijauan yang sangat mudah dikembangkan adalah jenis rumput-rumputan salah satunya yang bernama rumput odot.

Rumput Odot merupakan rumput yang sangat mudah dibudidayakan yang sangat disukai kambing, rumput ini hampir mirip dengan rumput gajah, perbedaannya daun lebih lemas, tidak gatal karena bulu daun halus, pertumbuhannya sangat cepat.

Asal mula rumput ini berasal dari Amerika dengan nama latin (Pennisetum purpureum cv.Mott). Di daerah Jawa Timur, rumput ini mulai dibudidayakan oleh seorang peternak kambing PE Tulungagung yang bernama Pak Odot. Oleh sebab itu rumput ini juga dikenal dengan rumput Odot.

Dari pengalaman di lapangan, pertumbuhan rumput ini  sangat cepat, jarak penanaman diupayakan 0,5 - 1 meter, karena 1 bibit rumput Odot dapat beranak menjadi lebih dari 60 batang sehingga dalam jarak waktu 36 hari (apabila asupan kandungan humus tinggi) sudah dapat dipanen.

Keunggulan :
> Setelah dipanen, 2 hari sudah mulai bersemi kembali dan tetap tumbuh dengan baik dan cepat;
> Pertumbuhannya cepat;
> Tidak berbulu gatal;
> Daun lemas, lembut, tidak berbulu dan batang lunak;
> Batang relatif pendek dan empuk;
> Sangat disukai ruminansia dibanding dengan jenis rumput yang lainnya:
> Mampu beradaptasi dengan kondisi lahan di mana pun
> Tidak memerlukan perawatan khusus
> Dalam satu rumpun terdapat 50 - 100 batang.

Kandungan Gizi :
> Kadar lemak daun 2.72%;
> Kadar lemak batang 0.91;
> Crude Protein (CP) daun 14.35%;
> CP batang 8.1%;
> Digestibility (TDN) daun 72.68%;
> Digestibility (TDN) batang 62.56%;
> Protein kasar 14%.

Data teknis  dikutip data dari “Pakistan Journal of Agronomy 2 (1) 52-58 2003”  yang dilakukan oleh Muhammad Yassin, M. Asghar Malik dan M. Shafi Nazir Jurusan Agronomi Universitas Agriculture Pakistan.

Biasanya selain kami berikan langsung ke ternak, ada juga yang kami fermentasi dengan tujuan pengawetan dan juga menaikkan kadar nutrisi, meskipun demikian cara pemberian dengan langsung dikasih ke ternak juga tak masalah Karena rumput ini memang disukai oleh kambing Karena tidak berbulu, beda dengan rumput jenis gajah yang lainya kadang kambing tidak suka.

Selain untuk pakan sendiri di tempat kami rumput odot ini merupakan salah satu tanaman untuk mata pencaharian, bagaimana tidak? memang di tempat kami mayoritas adalah peternak dan petani, nah di saat kemarau panjang seperti ini rumput di area kebun maupun tambak yang biasa pera peternak kecil mencari rumput saat ini sedang susah, Karena rumput susah sekali untuk tumbuh. hal itulah yang banyak dimanfaatkan oleh para petani untuk mengalihkan tanaman padinya dinganti dengan tanaman odot. kemudian banyak di jual dipinggir jalan dengan harga jual lumayan yakni Rp 10.000,- per ikat

kami juga menjual bibit odot yang berkualitas dengan harga murah silahkan klik disini untuk pembelian
Untuk melihat video tentang bagaimana cara menanamnyasilahkan klik disini

Posting Komentar untuk "Rumput odot! sangat disukai kambing dan cepat tumbuh"